Penelitian ini bermaksud untuk untuk mengeksplorasi pengetahuan literasi media orang tua khusunya ibu-ibu di kelurahan Sukarami kota Bengkulu, serta untuk menganalisis kompetensi literasi media individu ibu-ibu dalam memilih dan pendampingan anak menonton televisi di kelurahan Sukarami kota Bengkulu. Untuk mengungkap fenomena literasi media kota Bengkulu, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tradisi fenomenologis. Dalam pengumpulan data menggabungkan metode observasi partisipan dan wawancara mendalam, ada 16 informan dalam pelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Pengetahuan ibu-ibu tentang literasi media masih pada pengetahuan jenis, kategori, fungsi, dan pengaruh media televisi. Pengetahuan literasi media ini banyak dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, karir, status sosial dan tingkat religiusitas masing-masing orangtua. Semakin baik tingkat pendidikan, maka semakin baik pula keterampilan dan struktur pengetahuan terhadap media. Kedua, kompetensi ibu-ibu tentang literasi media dalam memilih dan memberikan pendampingan anak menonton program televisi, berada pada level basic dimana kemampuan ibu-ibu dalam mengoperasikan media tidak terlalu tinggi, kemampuan dalam menganalisa konten media tidak terlalu baik, dan kemampuanberkomunikasi lewat media terbatas. Demikian pula pada pendampingan anak dilakukan dengan dua cara, yaitu pertama, pembatasan jam menonton dan pemilihan isi program televisi. Kedua, melalui diskusi dan bertukar pikiran dengan anak, sebelum, saat, ataupun setelah menonton televisi. Kata Kunci: literasi media, pendampingan, televisi, ibu-ibu.
Copyrights © 2018