Perpustakaan dan pustakawan sejatinya adalah ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan, masing-masing saling membutuhkan, akan tetapi dilapangan banyak dijumpai perpustakaan yang tidak mampu menjadikan pustakawan “nyaman” di perpustakaan salah satu penyebabnya adalah adanya konflik yang tidak kunjung terselesaikan dan bahkan cenderung diacuhkan sehingga lambat laun akan mempengaruhi kinerja layanan dan aktivitas kepustakawanan di perpustakaan maupun diluar perpustakaan. Beberapa faktor terjadinya konflik diperpustakaan adalah Lemahnya pemahaman pustakawan terhadap tugas pokok dan fungsinya di perpustakaan, lemahnya kesadaran pustakawan dalam memahami kode etik profesi pustakawan, Lemahnya skil pustakawan dalam hal komunikasi interpersonal. Solusi dalam mengatasi faktor tersebut maka diperlukan upaya-upaya yaitu meningkatkan pemahaman pustakawan terhadap tugas pokok dan fungsinya di perpustakaan, meningkatkan kesadaran pustakawan dalam memahami kode etik profesi pustakawan, Meningkatkan skil pustakawan dalam hal komunikasi interpersonal.
Copyrights © 2019