Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan mengembangkan model bisnis pada RM Barokah dengan menggunakan evaluasi Model Bisnis Kanvas. Setelah mengidentifikasi Model Bisnis Kanvas, maka akan dilakukan analisis pada setiap elemen yang terdiri dari customer segments, value propositions, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partnership, dan cost structur. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa  deskriptif  kualitatif.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam (semi terstruktur). Hasil analisa Model Bisnis Kanvas,  terdapat  beberapa  elemen dalam  model  bisnis  yang dapat dikembangkan lebih lagi. RM Barokah sudah memiliki nilai proposisi yang jelas, yaitu dengan memberikan makanan dengan  kualitas  terbaik dengan  harga  yang terjangkau. Namun dalam persaingan yang semakin ketat sebagai restoran perlu mencari cara lain untuk mengembangkan nilai proposisinya dan untuk dapat terus bertahan. Layanan setelah penjualan dapat diberikan kepada pelanggan. Demikian perlu  pembenahan  beberapa  sistem pembelian  dalam perusahaan sehingga dapat lebih fokus dalam pengembangkan restoran kedepan. RM Barokah dapat menangkap peluang pasar diluar seperti membuat katering rumahan dan menerima pesanan yang akan dibahas penulis dalam skripsi berikut.
Copyrights © 2019