Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model strategi pengembangan berbasis customer driven untuk dosen yang mengajar di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ). Cikal bakal UPNVJ sudah berdiri sejak tahun 1963 artinya lebih dari 50 tahun berpengalaman mengelola pendidikan, namun kinerja dosen UPNVJ masih belum optimal terbukti dari minimnya artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal nasional bergengsi atau internasional g terindeks Scopus. Demikian puladalam bidang pengajaran, alumni UPNVJ belum menjadi “rebutan”, pusat kajian dan lembaga yang adabelum menjadi rujukan swasta dan pemerintah, padahal UPNVJ. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan peneliti menjadi instrumen utama, key informan merupakan pejabat dan dosen senior yang saat ini masih aktif bekerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model strategi program pengembangan kualitas dosen tidak efektif karena tidak dirancang secara sadar dan terencana untuk menjematani gap antara kompetensi yang seharusnya dimiliki dengan kompetensi yang ada saat ini, disamping itu manajemen belum menunjukkan dukungan yang maskimal terhadap program pengembangan kualitas dosen karena itu diperluka strategi baru yang yang berbasis kompetensi.
Copyrights © 2018