Performance : Jurnal Bisnis dan Akuntansi
Vol 4 No 1 (2014): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMBACA DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SUMENEP

Rusnani Rusnani (Fakultas Ekonomi Universitas Wiraraja Sumenep)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2014

Abstract

Dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa pemerintah melakukan berbagai upaya salah satunya peningkatan sarana pendidikan. Perpustakaan adalah salah satu bentuk peningkatan sarana pendidikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentang materi-materi pendidikan. Perpustakaan Daerah merupakan perpustakaan umum yang dikelola oleh pemerintah daerah untuk melayani kebutuhan masyarakat. Pengelolaan perpustakaan dipimpin oleh kepala seksi perpustakaan dan dibantu 3 orang pegawai dan 3 orang tenaga honorer. Karena pengelolanya tidak mempunyai keahlian sebagai pustakawan maka pelayanannya kurang memuaskan pembaca, hal ini terbukti dalam uji F bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari Staf (X1), Kepribadian/Sikap (X2), Koleksi buku (X3), Klasifikasi (X4), Katalog (X5), Lingkungan (X6), Lokasi (X7) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pembaca, sedangkan dari uji t hanya X1 (staf), dan X5 (katalog) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Y (kepuasan pembaca). Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

FEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

PERFORMANCE : Jurnal Bisnis & Akuntansi adalah jurnal yang memberikan wacana keilmuan tentang akuntansi, bisnis dan manajemen secara praktis. Artikel yang dipublikasikan pada jurnal ini meliputi berbagai bahasan dimulai dari hasil kajian khusus, evaluasi kritis sampai dengan penelitian empiris. ...