Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kesulitan mahasiswa Teknik Sipil dalam menyelesaikan masalah Turunan Fungsi Aljabar berdasarkan keterampilan matematika serta faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang mendeskripsikan kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar. Sampel yang diambil mengunakann purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Banten Jaya semester 1 Tahun Akademik 2018/2019 yang mengambil mata kuliah Matematika 1. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi untuk memenuhi keabsahan data, yaitu dengan membandingkan data hasil tes dengan hasil wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah jenis kesulitan dalam arithmatics skill sebesar 70, 58%, kesulitan dalam information skill sebesar 33,33%, dan kesulitan dalam number fact skill sebesar 8,33%. Faktor penyebab kesulitan dalam kemampuan-kemampuan tersebut, yaitu: 1) Kesulitan dalam arithmatics skill disebabkan karena mahasiswa tidak mampu menganalisis teknik penurunan fungsi aljabar yang tepat untuk suatu permasalahan dan kesalahan dalam penyelesaian prosedur penurunan, 2) kesulitan dalam number fact skill disebabkan karena tidak memahami operasi matematika dengan baik, dan 3) kesulitan dalam information skill disebabkan karena kesalahan membaca dan menginterpretasi soal.
Copyrights © 2019