Jurnal Administrasi Bisnis
Vol. 5 No. 1 (2009)

Editorial + Sampul

JAB Cebis UNPAR (Program Studi Administrasi Bisnis Fisip UNPAR Bandung)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2016

Abstract

Tantangan dan pendidikan bisnis merupakan topik utama dalam penerbitan JurnalAdministrasi Bisnis (JAB) Volume 5 Nomor 1 Tahun 2009. Selain itudilengkapi juga dengan artikel hasil penelitian mengenai aplikasi model regresilogistik biner untuk model keberhasilan belajar, sebuah studi kasus dan hasilpenelitian mengenai pengaruh manfaat dan kualitas hubungan relasional terhadaphasil pemasaran relasional dari sebuah layanan suratkabar, dan sebuah artikel hasilpenelitian mengenai perubahan pola belanja masyarakat perkotaan.James Rianto Situmorang mengupas mengenai karakteristik pendidikan bisnisdan perbandingan beberapa lembaga pendidikan yang berada di Indonesia maupun diluar negeri. Sedangkan Jony Oktavian Haryanto menyoroti mengenai peran praktisidalam pendidikan bisnis. Penulis menyampaikan konsep mengenai theories-in-usesebagai pendekatan dalam proses pembelajaran di sekolah bisnis. Melalui pendekatantersebut, diharapkan peserta didik dapat memperoleh pemahaman secara komprehensif.Orpha Jane menguraikan mengenai knowledge yang menjadi salah satufaktor produksi yang penting bagi organisasi. Secara spesifik penulis mengeksplorasilebih jauh mengenai strategi dalam mengimplementasikan knowledge managementdi Perguruan Tinggi.Sam’un Jaja Raharja menyajikan sebuah analisis dan pemikiran mengenai polahubungan antar organisasi masa kini yang dicirikan oleh kesalingtergantungan (interdependensi)satu sama lain karena situasi lingkungan yang dinamis dan terus berubah.Perubahan atau pergeseran dari sifat independen ke interdependen telah melahirkanberbagai pemikiran yang mengarahkan kepada model pengelolaan bisnis berdasarkankemitraan, tidak lagi berdasarkan kompetisi (persaingan). Gandhi Pawitan menyajikansebuah hasil penelitian di FISIP Unpar, Jurusan Administrasi Bisnis khususnya,mengenai model keberhasilan siswa dalam menyelesaikan studinya.A. J. Ibnu Wibowo menyajikan mengenai konsep pemasaran relasional (relationshipmarketing) dengan aplikasi di layanan surat kabar. Tujuan utama dariteori pemasaran relasional adalah mengidentifikasi faktor-faktor penentu utama yangmempengaruhi hasil yang penting bagi perusahaan, sehingga menghasilkan suatumodel konseptual yang bisa menjelaskan hubungan antara layanan yang diberikanperusahaan dengan konsumennya. Terahkir Maria Widyarini dan Nina Septinamenyajikan sebuah hasil penelitian mengenai perubahan pola belanja masyarakatperkotaan. Pembahasan menitikberatkan pada faktor penyebab beralihnya konsumenpasar tradisional ke pasar moderen.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

JurnalAdministrasiBisnis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) adalah jurnal ilmiah Ilmu Administrasi Binis, diterbitkan oleh Center for Business Studies (CeBiS), Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan. Jurnal Administrasi Bisnis diterbitkan 2 (dua) kali dalam ...