Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2017): Januari-Juni 2017

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MODEL TUTORIAL BERBASIS KOMPUTER

Andiriyanto, Ach. (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2018

Abstract

Mengetahui peningkat hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa  menggunakan model tutorial berbasis komputer merupakan tujuan dari penelitian ini. Subjek Penelitian ini adalah mahsiswa di Universitas Wiraraja Sumenep. Dengan penelitian ini diharapkan nantinya dapat menghasilkan variasi pembelajaran yang effektif yang dapat  memotivasi mahasiswa dalam pembelajaran bahasa inggris khususnya pada topik tenses.Penelitian ini meggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan metode kuantitatif.  Dalam pelaksanaannya menggunakan dua siklus, yang mana tiap siklus tediri atas empat tahapan ?perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi?. Teknik penelitian yang digunakan padapengambilan sample adalah random sampling. Instrument yang digunakan tes pilihan ganda tertulis.Ditinjau dari fokus penelitian diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran bahasa Inggris khususnya pada bahasan tenses menggunakan model tutorial berbasis komputer bisa terlaksana dengan maksimal dan lancar serta terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi mahasiswa. Selain itu perkuliahan menggunakan model tutorial berbasis komputer juga memiliki dampak positif yaitu bisa menumbuhkan semangat mahasiswa untuk lebih mandiri, kreatif, disiplin waktu, dan lebih aktif saat proses pembelajaran dikelas.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tutorial berbasis komputer ini mampu meningkatkan ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 34,20% pada siklus I, sedangkan pada siklus II naik 23,90 % yaitu menjadi 88,10%. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 11,8 poin pasa siklus pertama dan 10,7 poin pada siklus kedua. Hasil posttest menunjukkan bahwa 88% mahasiswa mendapat nilai >70, jadi kondisi ini sudah memenuhi Indikator   keberhasilan  penelitian yang sudah ditetapkan yaitu 75 % mahasiswa telah mencapai  nilai minimal 70.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...