Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1 (2018): Januari - Juni 2018

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN MARENGAN LAOK 1 KECAMATAN KALIANGET KABUPATEN SUMENEP

Imaniyah, Siti (Unknown)
Hidayat, Jefri Nur (Unknown)
Prijambodo, Raden Firman Nurbudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode ceramah dengan media kartu bergambar dan tanpa media kartu bergambar. Jenis penelitian adalah quasi-eksperimen. Sampel penelitian di kelas IV A dan IV B. Teknik pengambilan sampel data menggunakan cara purposive sampling. Cara mengambil data penelitian yaitu dengan tes obyektif dan observasi. Instrumen penelitian yaitu instrumen tes dan non tes. Data hasil belajar di analisis menggunakan uji t sampel bebas. NilaiĀ  rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 79,11%, sedangkan kelas kontrol sebesar 61,95% dengan nilai signifikansi 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dengan metode ceramah berpengaruh nyata terhadap hasil belajar kognitif siswa. Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama memiliki persentase keterlaksanaan sebesar 89%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...