Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20

HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY DAN PERANANNYA DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Fuadiah, Nyiayu Fahriza (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2019

Abstract

AbstrakArtikel ini merupakan kajian teoritis mengenai Hypothetical LearningTrajectory (HLT) serta memberikan gambaran kedudukan dan peranannya dalam perencanaan pembelajaran matematika. Istilah HLT merujuk pada rencana pembelajaran guru berdasarkan antisipasi belajar siswa yang mungkin dicapai dalam proses pembelajaran yang didasari oleh tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan pada siswa, pengetahuan dan perkiraan tingkat pemahaman siswanya, serta pilihan aktivitas matematika secara berurut . HLT menjelaskan bagaimana guru mengajar, memberikan informasi kepada siswa bagaimana berpikir tentang konsepmatematika, dan menciptakan pengalaman baru untuk membantu pemahaman siswa. HLT dirancang dalam perencanaan pembelajaran matematika sebagai panduan guru dalam mengakomodir aktivitas mental siswa dan tindakan guru sesuai dengan perkembangan pemikiran siswa untuk mendukung tujuan pembelajaran matematika.Kata kunci: Learning trajectory, Hypothetical Learning Trajectory,

Copyrights © 0000