Penelitian tindakan kelas ini bertujuan dalammeningkatkan kreativitas matematis siswa pada materi operasi bilangan bulatpada siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate melalui model problem based learning.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik tes dalam bentuk soal uraian yang berjumlah 4 soal. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan pedoman Tingkat Penguasan (TP) dan untuk mengatahui penigkatan hasil belajar siswa digunakan rumus N. Gain (????). Pada tes siklus I, kemampuan siswa diperoleh 5 siswa (21,73%) interpretasi tinggi dan 18 siswa (78,26%) interpretasi rendah. Siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 5 siswa Ketuntasan klasikal 21,73%, sedangkan 18 siswa tidak tuntas secara klasikal adalah 78,26% diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa 61,39 atau dilihat dari rumus N. Gain (????). sama dengan 0,25. Hasil belajar siswa tes siklus I belum tuntas. Untuk hasil tes siklus II diperoleh sebanyak 12 siswa (52,17%) interpretasi tinggi, Sedangkan sebanyak 10 siswa (43,47%) interpretasi sedang, Rendah sebanyak 1 siswa (4,34%). Siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 23 siswa, sedangkan ketuntasan belajar klasikal 100% diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa 87,43. Hasil belajar pada siklus II meningkat sebesar 0,67dari tes siklus I. Kata Kunci :Problem Based Learning, Kreativitas Matematis, Operasi Bilangan Bulat.
Copyrights © 2018