Sebuah perusahaan lazimnya memiliki beberapa supplier untuk kebutuhan produksinya. Supplier dibutuhkan untuk menjaga produksi tetap berjalan sesuai dengan tujuan utama produksi. Pemilihan supplier termasuk hal yang penting bagi perusahaan. Pemilihan supplier bertujuan untuk menurunkan biaya pembelian dan meningkatkan daya saing perusahaan. Pada penelitian ini dibangun sebuah sistem pemilihan supplier yang diimplementasikan pada sebuah perusahaan batik Madura. Jumlah supplier yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 15. Kriteria yang digunakan sebanyak 13, diantaranya yaitu cara pembayaran, harga, diskon, jumlah pengiriman, waktu pengiriman, kecepatan tanggap, komunikasi, informasi produk, layanan komplain, kualitas produk, tingkat kecacatan, biaya transportasi dan jenis transportasi. Metode Fuzzy Analytical Hierarchi Process (FAHP) digunakan untuk mendapatkan hasil ranking pemilihan supplier. Metode FAHP merupakan gabungan antara metode Fuzzy dan AHP. Metode Fuzzy digunakan untuk variabel ketidakpastian yang bersifat kualitatif, sedangkan metode AHP mempertimbangkan karakteristik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan prosentase akurasi sebesar 80% jika dibandingkan dengan perhitungan manual.
Copyrights © 2015