Jurnal Counsellia
Vol 3, No 2 (2013)

MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI TERAPI BERMAIN

Diana Ariswanti Triningtyas (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2016

Abstract

Usia prasekolah anak diharapkan menguasai belajar menulis, bahasa,matematika dan ilmu pengetahuan lain. Pengetahuan akan konsep ini jauh lebihmudah diperoleh melalui kegiatan bermain. Anak usia prasekolah mempunyairentang perhatian yang terbatas dan masih sulit diatur, apalagi belajar dengan“serius”. Tetapi bila pengalaman konsep tersebut dilakukan sambil bermain,membuat anak senang, tanpa disadari ternyata ia sudah banyak belajar. Aspekperkembangan anak dapat ditumbuhkan secara optimal dan maksimal melaluikegiatan bermain. Saat bermain, anak-anak mempelajari banyak hal penting.Adapun jumlah anak yang diteliti adalah 23 anak. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri anak melalui terapi bermain.Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dalam penelitian menggunakan metodeobservasi, wawancara, dan analisis data.Dinyatakan meningkat jika rata-rata prosentase masing-masing indikatoryang dimiliki lebih atau sama dengan 75%. Sebaliknya percaya diri anakdinyatakan belum meningkat jika rata-rata prosentase masing-masing indikatorkurang dari 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yangbaik dari Siklus I dan Siklus II mencapai 80%. Hal ini menunjukkan bahwa terapibermain tepat untuk diterapkan pada anak karena mudah dipahami dan disukaianak.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Other

Description

Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with registered number ISSN: 2088-3072 (Print) and ISSN: 2477-5886 (Online), is a peer-reviewed journal which publishes conceptual ideas, studies and research on the theory and application of Guidance and Counseling also education related to Guidance and ...