Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 3, No 2 (2018): Terbitan tahun ketiga

Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar dengan Memperhatikan Kovariat Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP

Suryawati, Tina (Unknown)
Maonde, Faad (Unknown)
Zamsir, Zamsir (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar dengan memperhatikan kovariat pengetahuan dasar matematika siswa SMP. Populasi penelitian ini sebanyak 7 kelas dengan jumlah 219 siswa dengan sampel berjumlah 95 siswa, unit analisis sebanyak 81 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan dasar matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika; (2) ada perbedaan yang signifikan rerata simpangan hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi; (3) ada perbedaan yang signifikan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor motivasi berprestasi untuk setiap tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif; (4) ada perbedaan yang signifikan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif untuk setiap tingkat faktor motivasi berprestasi; (5) tidak ada perbedaan yang signifikan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua sel yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi.

Copyrights © 2018