Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar dengan memperhatikan kovariat pengetahuan dasar matematika siswa SMP. Populasi penelitian ini sebanyak 7 kelas dengan jumlah 219 siswa dengan sampel berjumlah 95 siswa, unit analisis sebanyak 81 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan dasar matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika; (2) ada perbedaan yang signifikan rerata simpangan hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi; (3) ada perbedaan yang signifikan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor motivasi berprestasi untuk setiap tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif; (4) ada perbedaan yang signifikan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif untuk setiap tingkat faktor motivasi berprestasi; (5) tidak ada perbedaan yang signifikan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua sel yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi.
Copyrights © 2018