Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 3, No 2 (2018): Terbitan tahun ketiga

Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Kemampuan Pengajuan Masalah Siswa

Aksan, Sitti Kurnia Purnama (Unknown)
Busnawir, Busnawir (Unknown)
Baharuddin, Baharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika  berdasarkan langkah-langkah Polya siswa SMP Negeri 5 Kendari yang mampu mengajukan masalah berbentuk: (1)  story problem, (2) word problem, dan (3) non-word problem.  Hasil analisis data yang diperoleh dilakukan dengan langkah reduksi, pemaparan data, analisis profil dan hal-hal yang menarik, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pemecahan masalah matematika siswa yang mengajukan masalah berbentuk: (1)  story problem adalah memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan, dan mengevaluasi hasil pemecahan, (2)  non word problem adalah memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan, dan mengevaluasi hasil pemecahan, dan (3) non word problem adalah memahami masalah dan melaksanakan pemecahan masalah.

Copyrights © 2018