Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika  berdasarkan langkah-langkah Polya siswa SMP Negeri 5 Kendari yang mampu mengajukan masalah berbentuk: (1)  story problem, (2) word problem, dan (3) non-word problem.  Hasil analisis data yang diperoleh dilakukan dengan langkah reduksi, pemaparan data, analisis profil dan hal-hal yang menarik, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pemecahan masalah matematika siswa yang mengajukan masalah berbentuk: (1)  story problem adalah memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan, dan mengevaluasi hasil pemecahan, (2)  non word problem adalah memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan, dan mengevaluasi hasil pemecahan, dan (3) non word problem adalah memahami masalah dan melaksanakan pemecahan masalah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018