Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling dan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara random. Kelompok eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa kelas kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan, yaitu : (1) kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori sedang, sedangkan kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajar dengan pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah, (2) kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh peningkatan yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Model Pembelajaran berbasis masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017