Setiap pengusaha tentu menginginkan bisnis yang digelutinya dapat berhasil ditengah-tengah persaingan yang semakin kompetitif. Kondisi lingkungan yang senantiasa berubah menuntut manajemen untuk mampu merespon dengan cepat dan akurat. Posisi bersaing merupakan indikator penentu yang pengaruhnya paling tinggi terhadap lingkungan operasional perusahaan. Penelitian survey ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi keunggulan yaitu strategi biaya rendah dan strategi diferensiasi (inovasi produk, desain produk, keutamaan  kualitas) terhadap kinerja keuangan dan kinerja non keuangan pada pengusaha keramik di kota Malang. Data yang dikumpulkan dianalisa  menggunakan statistic descriptive, analisis korelasional. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa Variabel kinerja keuangan dalam kondisi baik, hal itu dibuktikan dengan nilai/skor rata-rata sebesar 3.56, artinya keberhasilan yang dapat dicapai pada tingkat penjualan merupakan cerminan peningkatan omset penjualan yang mempersepsikan pula terhadap tingkat laba maupun tingkat kekayaan. Strategi Keunggulan Biaya berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi keunggulan biaya terhadap kinerja keuangan. Strategi Keunggulan Biaya berpengaruh terhadap Kinerja Nonkeuangan, hal ini menunjukkan bahwa strategi keunggulan biaya tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja nonkeuangan, artinya semakin perusahaan berupaya meningkatkan kemampuan daya saing terhadap para pesaing yang dihadapi, tidak menjadikan kondisi kinerja nonkeuangan semakin baik, ataupun kinerja non keuangan menjadi semakin jelek.Kata kunci: Strategi keunggulan bersaing, strategi biaya rendah, strategi diferensiasi, inovasi produk, desain produk, dan keutamaan kualitas  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2010