Kerusakan dini pada struktur perkerasan aspal merupakan masalah yang sering dijumpai pada saat ini. Halini di akibatkan beban muatan kendaraan yang melebihi beban perencanaan. Dengan begitu diperlukan peningkatanmutu perkerasan dengan memperhatikan agregat sebagai bahan pengisi maupun aspal sebagai bahan pengikat. Untukmendapatkan mutu perkerasan aspal maka kita perlu memperhatikan stabilitas atau kekuatan campuran beton aspaldan pemadatannya dengan cara melakukan pengujian Marshall.Persiapan dan hasil pengujian meterial agregat dan aspal telah memenuhi persyaratan campuran AC-WC.Selanjutnya dilakuakan pengujian untuk tahap I untuk mencari kadar aspal optimum. Kemudian dilakuakan tahap IImencari nilai karakteristik marshall dengan masing- masing kadar aspal optimum.Dari hasil pengujian marshall maka nilai kadar aspal optimum untuk butiran maksimum 19 mm didapat 5,5%dan butiran maksimum 12,5 mm didapat 5%. Untuk nilai karakteristik marshall KAO 5,5% semuanya memenuhi syaratketentuan sifat-sifat campuran laston AC-WC dengan nilai Stabilitas 1172,43 Kg sedangkan KAO 5% nilai stabilitas1252,1 Kg.
Copyrights © 2013