Tujuan penelitan ini adalah mengetahui masalah-masalah yang dialami pelaku usaha, strategi pemasaran dan keuntungan usaha ikan asap pada Kios Nur. Metode yang digunakan melalui wawancara dengan menggunakan kousiner. Data di analisis secara deskriptif  dengan menggunakan SWOT dan analisis keuntungan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa terdapat empat permasalahan utama yang sering dialami Kios Nur dalam mengembangkan usaha ikan asap, yaitu (1) kuantitas terbatas, (2) kualitas terbatas, (3) usaha sejenis, dan (4) legalitas usaha. Rumusan strategi bahwa sistem pemasaran yang dilakukan Kios Nur dalam upaya pengembangannya (1) meningkatkan pangsa pasar dan kapasitas produksi melalui pemanfaatan modal sendiri (2) meningkatkan pangsa pasar dan kapasitas produksi melalui pemanfaatan Sumberdaya manusia (3) memanfaatkan modal sendiri untuk perbaikan legalitas usaha agar dapat bersaing dengan usaha sejenis (4) perbaikan legalitas usaha dengan memanfaatkan sumberdaya manusia yang ada untuk dapat bersaing dengan usaha sejenis (5) peningkatan pangsa pasar dan kapasitas produksi melalui perbaikan kuantitas dan kualitas yang masih terbatas (6) perbaikan legalitas usaha dengan peningkatan kualitas dan kuantitas untuk bersaing dengan usaha sejenis. Tingkat keuntungan yang diperoleh Kios Nur sebesar Rp4.474.000 per bulan. Kesimpulan adalah strategi pemasaran ikan asap yang telah dilakukan oleh Kios Nur adalah efektif dan efisien.Kata Kunci:  Abeli, ikan asap, keuntungan, Kios Nur, Lapulu, strategi pemasaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018