Tujuan penelitian yaitu (1) Menganalisis strategi bauran pemasaran yang menjadi prioritas UD. Chikanos Food pada pemasaran bakso ikan saat ini; (2) Menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk pengembangan pemasaran bakso ikan UD. Chikanos Food.Penelitian ini dilaksanakan pada perusahaan UD. Chikanos Food di Kelurahan Kendari Caddi Kecamatan Kendari dan lima Swalayan Kota Kendari, selama periode bulan Desember 2017 sampai Januari 2018. Responden pada penelitian ini berjumlah enam orang yang terdiri dari pemilik UD. Chikanos Food, pihak Swalayan Surya, Ade Swalayan, Sanya Swalayan, Toko Usaha Nasional 2 dan Megross Swalayan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Kualitatif dan analisis SWOT. Hasil penelitian dari analisis menunjukan bahwa; (1) Prioritas utama strategi bauran pemasaran UD. Chikanos Food adalah strategi tempat dengan melakukan penjualan diswalayan, strategi produk dengan meningkatkan dan menjaga kualitas produk, strategi hargadengan menentukan harga berdasarkan biaya produksi, prioritas terakhir adalah strategi promosi dengan mengikutkan produk pada bazar atau pameran lokal atau nasional; (2) Strategi yang tepat pada pengembangan pemasaran adalah; meningkatkan strategi penjualan produk dengan melakukan distribusi pada outlet dan gerobak motor, menjaga konsistensi akreditas produk dengan meningkatkan jaminan keamanan produk, penguatan kerjasama jangka panjang dengan swalayan untuk menjamin kontinuitas pemasaran, meningkatkan strategi bersaing dengan pengembangan variasi jenis bakso dan ukuran, meningkatkan strategi promosi dengan melakukan periklanan, mengembangkan strategi pengolahan bakso ikan dengan menciptakan variasi rasa, mengembangkan desain kemasan produk agar sesuai dengan tren pasar, menyediakan Freezer pada swalayan.Kata Kunci: Bakso ikan, strategi bauran pemasaran, UD. Chikanos Food, Kota Kendari
Copyrights © 2018