Perusahaan ritel akan sukses bila mengutamakan kepuasan pelanggan, jika konsumen merasa puas dengan produk yang ditawarkan perusahaan maka konsumen dengan sendirinya akan melakukan pembelian ulang kepada perusahaan atau produk yang kita tawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan kemudian faktor psikologi terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di Alfamart Jl. Batu Permata No.7 Tlogomas, Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini bersifat assosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Alfamart Jl. Batu Permata No.7 Tlogomas, Lowokwaru Kota Malang, dan teknik sampling menggunakan insidental sampling yaitu secara kebetulan sebanyak 77 orang. Instrumen menggunakan kuesioner, analisisi yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian didapatkan nilai r square (r2) sebesar 0,692, hasil pengujian uji t didapatkan nilai thitung ? ttabel (? 2,000), dan hasil uji F didapatkan Fhitung ? Ftabel (4,125 ? 2,500) dengan nilai signifikan 0,005 (p ? 0,05). Sehingga dapat dikatakan bahwa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi, berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di Alfamart, baik secara parsial (masing-masing variabel) maupun secara simultan (bersama-sama). Dengan demikian pihak Alfamart untuk dapat meningkatkan minat pembeli dengan cara memberikan penawan diskon mengingat karena Alfamart Jl. Batu Permata No.7 Tlogomas, Lowokwaru Kota Malang berada di tengah-tengah pemukiman kos-kosan mahasiswa, karena anak kos tentu mencari produk dengan harga rendah namun kualitas baik.
Copyrights © 2018