Perkembangan sosial merupakan suatu proses berubahnya tingkah laku dan menyesuaikan diri seorang anak terhadap lingkungan yang ia tinggali dan anak dapat berinteraksi dengan baik pada teman sebaya maupun orang yang lebih tua darinya. Permainan ular tangga merupakan permainan yang mampu merangsang anak untuk belajar memecahkan dan menyelesaikan suatu masalah sederhana tanpa dapat disadari oleh anak itu sendiri, baik secara individual maupun secara kelompok. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Dharma Wanita Persatuan Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Desain penelitian menggunakan Pra-Eksperimental dengan One Group Pre Post Test Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple Random Sampling, dengan sampel sebanyak 46 responden. Analisis data menggunakan uji Marginal Homogeneity (p > 0,05). Hasil penelitian, sebelum diberikan Permainan Ular Tangga lebih dari separuh 29 (63.0%) responden memiliki perkembangan sosial kategori cukup. Sesudah diberikan Permainan Ular Tangga lebih dari separuh responden memiliki perkembangan sosial kategori baik, yaitu dari 5 (10,9%) meningkat menjadi 35 (76.1%). Hasil uji Marginal Homogeneity didapatkan bahwa ada Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Prasekolah di TK Dharma Wanita Persatuan Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang dengan signifikan 0,000 (p= 0,05). Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperhatikan aspek-aspek lain yang mempengaruhi atau menghambat perkembangan sosial anak dan merumuskan solusi atas hambatan-hambatan tersebut melalui pendekatan penelitian. Social development is a process of changing behavior and adjusting a child to the environment in which he lives and children can interact well with peers and people who are older than him. Snakes and ladders game is a game that is able to stimulate children to learn to solve and solve a simple problem without being aware of by the child himself, both individually and in groups. This study aimed to determine the effect of snakes and ladders game on social development in preschool Aged children at TK Dharma Wanita, Landungsari, Dau District, Malang Regency. The research design used a pre-experimental with One Group Pre Post Test Design approach. The sampling technique used simple random sampling, with a sample of 46 respondents. The data analysis used Marginal Homogeneity test (p> 0.05). The results of the study, before being given the Ladder Snake Game there were more than half 29 (63.0%) respondents had sufficient social development category. After being given the Ladder Snake Game more than half of the respondents had a good social development category, from 5 (10.9%) to 35 (76.1%). The Marginal Homogeneity test results found that there was an effect of Snakes and Ladders Game on Social Development in Preschoolers in TK Dharma Wanita Persatuan with a significant 0,000 (p = 0.05). The next researcher is expected to pay attention to other aspects that influence or hinder children's social development and formulate solutions to these obstacles through a research approach. Keywords: Snakes And Ladders Game; Social Development Of Preschoolers
Copyrights © 2019