Perilaku belajar merupakan pola yang dilakukan individu secara berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan yang spontan bagi individu. Perilaku belajar yang baik disertai strategi belajar yang digunakan seperti keadaan jasmani, emosional, sosial, lingkungan, mulai belajar, dan pengendalian waktu belajar sehingga dengan perilaku belajar yang terstruktur dan efektif dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuannya sesuai dengan harapan yang dituju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor determinan yang mempengaruhi perilaku belajar mahasiswa Program studi Sarjana Keperawatan Universitas Tribhuawana Tunggadewi. Desain penelitian menggunakan cross sectional. Teknik Sampling menggunakan Stratified Random Sampling dengan sampel sebanyak 70 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Chi Square dan Regresi Logistic dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa faktor jasmani dan pendekatan belajar merupakan faktor yang berhubungan dengan perilaku belajar mahasiswa Program studi Sarjana Keperawatan Universitas Tribhuawana Tunggadewi dengan signifikan (p=0,000). Hasil uji regresi didapatkan bahwa faktor pendekatan belajar merupakan faktor determinan perilaku belajar mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Tribhuawana Tunggadewi (p=0,001 dan OR=11,928). Mahasiswa perlu melakukan evaluasi diri tentang pendekatan belajar yang telah dijalani dan aspek-aspek yang dapat meningkatkan proses belajar. Learning behavior is a pattern that is carried out by individuals repeatedly so that it becomes a spontaneous habit for individuals. Good learning behavior is accompanied by learning strategies that are used such as physical, emotional, social, environmental conditions, starting to learn, and controlling learning time, with a structured and effective learning behavior can help someone in increasing their abilities in accordance with the intended expectations. This study aims to determine the determinant factors that influence the learning behavior of students of Nursing Undergraduate Program in the University of Tribhuawana Tunggadewi. The study design use cross sectional approach. Sampling technique using Stratified Random Sampling with a sample of 70 respondents. Data collection using a questionnaire. Data research using Chi Square and Logistic Regression with a significance level of 0.05. The results showed that physical factors and learning approaches were factors that were related to the learning behavior of students of Nursing Undergraduate Program at Tribhuawana Tunggadewi University with significant (p = 0,000). Regression test results found that the learning approach factor is a determinant factor in the learning behavior of nursing students at Tribhuawana Tunggadewi University (p= 0.001 and OR = 11.928. Students need to evaluate the learning behaviour that has been undertaken and aspects to increase learning proces. Keywords: Emotional; Environment; Motivation; Experience; Strategies.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019