Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan
Vol 2, No 2 (2017)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Suhandi Suhandi (Unknown)
Ni Luh Putu Eka Sudiwati (Unknown)
Neni Maemunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Gizi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan tingkat kesehatan dan keserasian antara perkembangan fisik dan perkembangan mental. Tingkat keadaan gizi normal tercapai bila kebutuhan zat gizi optimal terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi terhadap prestasi siswa di Sekolah Dasar Negeri Sumber Sekar 1 Dau, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian non ekperimen dengan jenis correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi di Sekolah Dasar (SD) Sumber Sekar Dau sebanyak 52 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 orang. Pengambilan sampel dengan total sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik spearmant rank dengan derajat kemaknaan (0,05). Hasil uji statistk penelitian hampir seluruh responden masuk kategori status gizi normal sebanyak 42 anak (80,8%), dan hampir seluruh responden berprestasi belajar baik sebanyak 42 orang (80,8%). Hasil analisis bivariat menunjukan p-value = 0,02 < 0,05. Artinya ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar dengan kekuatan hubungan subtansial atau sedang. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Status Gizi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

fikes

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan ISSN 2527-9823(online) adalah jurnal berkala empat bulanan (April, Agustus, Desember) yang memuat berbagai artikel/naskah berupa hasil penelitian, studi kasus, hasil pemikiran, maupun karya tulis ilmiah oleh seluruh civitas profesi kesehatan mulai dari ...