Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sense of humor, kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas X SMK Teladan Kota Batam Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Teladan Kota Batam Tahun Pelajaran 2016/2017 sejumlah 314 siswa dengan jumlah sampel 106 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan intrumen angket dengan teknik analisis instrumen validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan liniearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sense of humor terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi parsial 0,292 dengan thitung = 3,117 ttabel =1,983. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi parsial 0,328 dengan thitung = 3,535 ttabel = 1,983 (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi parsial 0,909 dengan thitung =22,215 ttabel  1,983 (4) Terdapat kontribusi positif dan signifikan antara sense of humor, kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,910 dengan Fhitung 162,983 Ftabel  2,693.
Copyrights © 2018