PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERBASIS INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMA

Ummaeroh, Ria (Unknown)
Gusmania, Yesi (Unknown)
Hasibuan, Nailul Himmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis inkuiri dengan pembelajaran konvensional menggunakan LKS  terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 17 Batam. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi 160 orang. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes essay sebanyak 4 soal yang telah valid dan reliabel ( ). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t satu pihak untuk hippotesis 1 dan 2 serta uji-t polled varians untuk hipotesis 3 dengan taraf  keyakinan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran menggunakan LKS berbasis inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 17 Batam; (2) pembelajaran konvensioanal dengan menggunakan LKS tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 17 Batam; (3) terdapat perbedaan antara pembelajaran menggunakan LKS berbasis inkuiri dengan pembelajaran konvensional menggunakan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 17 Batam. Kata Kunci: LKS, Inkuiri, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.Abstract. This research aims to determine the effect of using inquiry-based student’s worksheet with conventional learning using student’s worksheet on the ability to understand mathematical concepts of class XI IPA SMA Negeri 17 Batam. Type of this research is a quasi experiment with the entirety population XI IPA SMA Negeri 17 Batam with amount 160 students. The research sample is XI IPA 4 as the experiment class and XI IPA 3 as the control class. The sampling technique used purposive sampling. The intrument of this research is an essay test, which is 4 questions and has been valid and reliable ( . The data analysis technique used is one part t-test  for hyphoteses 1 and 2 with polled varians t-test for hyphoteses 3 with a 5% certainty level. The results showed that: (1) learning using inquiry-based student’s worksheet affected on the ability of understand mathematical concept class XI IPA SMA Negeri 17 Batam; (2) conventional learning using student’s worksheet hasn’t effect on the ability of understand mathematical concept class XI IPA SMA Negeri 17 Batam; (3) there is a difference between learning using inquiry-based student’s worksheet with conventional learning using student’s worksheet on the ability to understand mathematical concept class XI IPA SMA Negeri 17 Batam. keywords: Student’s Worksheet, Inquiry, Student’s Mathematical Concept Understanding Ability.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...