Jurnal Informatika
Vol 6, No 2 (2019): September 2019

Penerapan Algoritma K-Means Clustering pada Karakter Permainan Multiplayer Online Battle Arena

Mustofa, Mustofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2019

Abstract

Salah satu teknologi di bidang hiburan yang berkembang dengan cepat dan begitu populer di masyarakt adalah video game. Bahkan Esport (kompetisi video game) yang semakin menerima pengakuan industri sebagai hiburan olahraga. Dalam pembahasan esport pasti akan muncul pembahasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi peluang untuk menang. Berbagai studi trlah melakukan penelitian mengenai hal ini. Akan tetapi belum ada yang membahas pengelompokan karakter berdasarakan karakteristik yang dimiliki tanpa melihat role play default dari developer sebagai panduan untuk memilih hero alternatif agar komposisi role play dalam pemainan tetap terjaga namun karakter yang digunakan tetap sesuai dengan keinginan player. Untuk itulah penelitian ini menyusun pengklasteran terhadap hero pada video game Vainglory menggunakan algoritma k-means. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan tiga klaster karater hero yang meiliki karakteristik yang dekat. Klaster pertama terdiri dari hero dengan regenerasi HP yang cepat dengan karateristi serangan jarak dekat. Klaster kedua memiliki karakter hero dengan HP yang tinggi dan pertahanan yang mumpuni denga damage yang tinggi. Klaster ketiga mengumpulkan karakter hero dengan HP dan pertahanan rendah namun memiliki keunggulan dari jangauan serangan yang luas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ji

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika respects all researchers Technology and Information field as a part spirit of disseminating science resulting and community service that provides download journal articles for free, both nationally and internationally. The editorial welcomes innovative manuscripts from Technology ...