Kopi Babah Kacamata merupakan salah satu produk lokal Salatiga yang mampu bersaing dengan kopi brand terkenal dan memiliki variasi produk. Penelitian ini bertujuan :  untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang tepat dalam mempertahankan usaha Kopi Babah Kacamata, serta faktor internal dan eksternal yang berperan dalam kopi Babah Kacamata. Penelitian dilaksanakan di Kopi Babah Kacamata, Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan teknik penentuan partisipan menggunakan purposive sample, dengan partisipan sebanyak tiga yaitu pemilik perusahaan (key informan), satu karyawan dan satu konsumen berlangganan lama. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuisioner, observasi dan studi literatur. Metode analisis yang digunakan untuk uji validitas data menggunakan metode trianggulasi, analisis SWOT, Matriks IE dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal yang menjadi kekuatan dari kopi Babah Kacamata adalah ketersediaan biji kopi, dan kelemahan dari perusahaan kopi Babah Kacamata adalah keinginan dalam pengembangan usaha ke kota lain. Faktor eksternal yang menjadi peluang yaitu permintaan kopi Babah Kacamata dan ancaman adalah modal usaha. Prioritas strategi ketahanan usaha kopi babah kacamata adalah mempertahankan kualitas dalam proses pembuatan kopi babah kacamata dengan memanfaatkan pengetahuan mengenai proses roasting dengan standar yang diterapkan perusahaan. Kopi Babah kacamata dalam mempertahankan usaha dapat melakukan permohonan kepada pemerintah kota Salatiga dengan tujuan mengembangkan perusahaan dengan variasi produk dan perluasan pemasaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019