Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian tentang kegiatan guru terkait pengembangan profesional di kelasnya. Bertujuan untuk memperbaiki persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran dikelas. Artikel ilmiah merupakan laporan hasil penelitian yang disajikan dan dimuat pada majalah ilmiah (jurnal) yang diakui (terakreditasi). Pendampingan dilakukan selama empat bulan di SMAN 3 Palembang. Diawali dengan diskusi masalah pembelajaran yang dihadapi guru ekonomi, kemudian menyusun rencana pelaksanaan PTK ke dalam Rencana Pembelajaran dan latihan menerapkannya. Selama penerapan PTK, guru berlatih mengobservasi, menganalisis dan mengevaluasi hasil tindakan dan selanjutnya kembali merencanakan tindakan tahap ke dua. Pada siklus kedua target ketuntasan hasil belajar tercapai. Berikutnya guru ekonomi berlatih menyusun laporan dalam bentuk artikel ilmiah. Terakhir, hasil kegiatan pendampingan terhadap guru ekonomi kelas X Ilmu Sosial 4 di SMAN 3 Palembang ini disosialisasikan kepada kelompok pengurus MGMP Ekonomi di kota Palembang. Kesimpulan dari program pendampingan ini menunjukkan peningkatan pemahaman guru ekonomi dalam; 1) menerapkan model discovery learning untuk pembelajaran ekonomi, 2) menulis proposal PTK dan menerapkannya di kelas, 3) menulis artikel ilmiah yang bersumber dari hasil PTK.Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Artikel Ilmiah
Copyrights © 2019