FKIP e-PROCEEDING
Vol 3 No 1 (2018): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI MEDAN MAGNET MENGGUNAKAN THREE TIER TEST PADA SISWA KELAS XII SMA DI JEMBER

Eri Setyaningsih (UNIVERSITAS JEMBER)
Alex Harijanto (UNIVERSITAS JEMBER)
Sri Handono Budi Prastowo (UNIVERSITAS JEMBER)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami siswa SMA kelas XII padamateri medan magnet menggunakan Three Tier Test. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Penentuan tempat penelitian menggunakan teknik purposive sampling area. Responden dalampenelitian ini terdiri dari satu kelas dengan jumlah subjek 35 siswa. Instrumen dalam penelitian iniadalah soal tes diagnostik Three Tier Test (tes tiga tingkat) berjumlah 12 soal. Tingkat pertama adalahsoal pilihan ganda biasa, tingkat kedua yaitu alasan tingkat ketiga yaitu keyakinan atas jawabantingkat pertama dan kedua. Data berupa jawaban siswa dianalisis berdasarkan kategori jawaban ThreeTier Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang mengalamimiskonsepsi mengenai konsep gaya pada partikel bermuatan dalam medan magnet sebesar 93,94%,medan magnet pada kawat lurus berarus sebesar 45,45%, medan magnet pada pusat kawat melingkarsebesar 81,82%, medan magnet pada kawat sejajar berarus sebesar 3,03%, gaya Lorentz pada muatanyang bergerak sebesar 45,45%, medan magnet di sekitar kawat melingkar berarus sebesar 36,36%,gaya magnet pada kawat sejajar berarus sebesar 87,88%, penerapan konsep magnet sebesar 60,61%,medan magnet di ujung solenoid sebesar 18,18%, gaya Lorentz pada kawat lurus berarus sebesar42,42%, medan magnet di pusat solenoid sebesar 60,61%, medan magnet pada toroid sebesar 96,97%.Kata kunci: Miskonsepsi, Medan Magnet, Three Tier Test

Copyrights © 2018