Penguasaan konsep adalah kemampuan siswa dalam memahami makna secara ilmiah baik teorimaupun penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penguasankonsep teori kinetik gas menggunakan taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah penelitiandeskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dengan instrumen soal uraianyang terdiri dari 8 butir soal dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan persentase penguasaankonsep teori kinetik gas menggunakan taksonomi SOLO pada siswa SMAN 1 Jember adalah 24%siswa berada pada level prastruktural, 8% siswa berada pada level unistruktural, 14% siswa beradapada level multistruktural, 32% siswa berada pada level relasional, dan 22% siswa berada pada levelabstrak diperluas. Hasil tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu faktor dari dalam, prosespembelajaran, pengalaman dan latihan siswa. Hasil penelitian tersebut memberikan dampak terhadapperencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran fisika.Kata kunci: kalor Penguasaan konsep, teori kinetik gas, dan taksonomi SOLO
Copyrights © 2018