Jurnal Sejarah dan Budaya
Vol 13, No 1 (2019)

ANALISIS KEPEMIMPINAN SISWA DALAM PENERAPAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DAN SIMULASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH

Anisa Septianingrum (Unknown)
Henri Susanto (FKIP Universitas Lampung)
Sumargono Sumargono (FKIP Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan media permainan monopoli dan simulasi. Tujuannya agar pembelajaran sejarah di kelas lebih bermakna dan diminati oleh peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan monopoli dan simulasi meningkatkan ketertarikan siswa pada materi sejarah dan kepemimpinan siswa terlihat dari indikator sikap bertanggungjawab, cinta tanah air, pemberani, dan menepati janji. This research focuses on monopoly and simulation game media applications. The aim is to make classroom historical learning more meaningful  and attractive to students. Research method used in this study is qualitative. Data collection techniques are carried out through interviews, observation, and documentation. The study resulted  show that  monopoly and simulation game media increases  students interest in material from history and student leadership, judging from the indicators by: responsibility, love the fatherland, courage, and keeping promise. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v13i12019p74

Copyrights © 2019