Pada era ini, industri makanan berlomba – lomba mengadakan inovasi untuk menciptakan produk makanan baru dengan target konsumen yaitu anak – anak sekolah. Usia Sekolah Dasar (SD) merupakan usia yang mudah untuk dipengaruhi, sehingga perusahaan melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kemasan, warna, rasa dan pengetahuan gizi terhadap keputusan pembelian produk makanan bagi siswa SD. sampel dalam penelitian ini adalah siswa SD sebanyak 50 orang yang berusia 8 – 9 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner tertutup dengan 5 skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS ver 18, uji yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa uji validitas dan reliabilitas diperoleh bahwa instrumen yang digunakan adalah valid (r hitung > r tabel) dan reliabel, yang dilihat dari nilai Cronbach’s Alpha 0,751. Dari uji t diperoleh bahwa, kemasan (t hitung>t tabel, 2,286>1,679) dan pengetahuan gizi (t hitung>t tabel, 22,421>1,679) berpengaruh terhadap keputusan pembelian, pada taraf signifikan 5%. Selanjutnya, rasa dan warna tidak berpengaruh pada keputusan pembelian. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumber informasi pengusaha produk makanan dalam melakukan promosi untuk menarik pasar siswa SD.
Copyrights © 2019