Analisa sentiment atau opinion mining merupakan teknik yang digunakan untuk mengolah data yang didapatkan dari media sosial. Kenaikan harga tiket pesawat terjadi setelah adanya kecelakaan dari salah satu maskapai domestik. Imbas dari kecelakaan tersebut menyebakan semua tiket maskapai penerbangan Indonesia mengalami kenaikan. Banyak masyarakat yang menyayangkan dengan kenaikan tiket pesawat tersebut. Penelitian ini akan memanfaatkan data tweet pada twitter untuk menlihat persepsi masyarakat terhadap kenaikan harga tiket pesawat dengan menggunakan metode naïve bayes dan KNN dengan mengklasifikasikan sentimen sentiment positif, negative dan netral. Tingkat akurasi klasifikasi menggunakan naïve bayes sebesar 90.70% sedangkan tingkat akurasi dengan metode KNN sebesar 62.79%  Kata Kunci : Analisa Sentimen, Klasifikasi, Naïve bayes, Tiket Pesawat. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019