JURNAL INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi)
Vol 4 No 2 (2019): OCTOBER

KLASIFIKASI SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP KENAIKAN HARGA TIKET PESAWAT PADA TWITTER MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES

MARDEKA RAYA, AGUSTINA (Unknown)
NURBAITI, FITRI (Unknown)
SOFIA, DETIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2019

Abstract

Analisa sentiment atau opinion mining merupakan teknik yang digunakan untuk mengolah data yang didapatkan dari media sosial. Kenaikan harga tiket pesawat terjadi setelah adanya kecelakaan dari salah satu maskapai domestik. Imbas dari kecelakaan tersebut menyebakan semua tiket maskapai penerbangan Indonesia mengalami kenaikan. Banyak masyarakat yang menyayangkan dengan kenaikan tiket pesawat tersebut. Penelitian ini akan memanfaatkan data tweet pada twitter untuk menlihat persepsi masyarakat terhadap kenaikan harga tiket pesawat dengan menggunakan metode naïve bayes dan KNN dengan mengklasifikasikan sentimen sentiment positif, negative dan netral. Tingkat akurasi klasifikasi menggunakan naïve bayes sebesar 90.70% sedangkan tingkat akurasi dengan metode KNN sebesar 62.79%  Kata Kunci : Analisa Sentimen, Klasifikasi, Naïve bayes, Tiket Pesawat. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

instek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

The Scope topics include, but are not limited to : Agent System and Multi-Agent Systems Analysis & Design of Information System Artificial Intelligence Big Data and Data Mining Cloud & Grid Computing Computer Vision Cryptography Decision Support System DNA Computing E-Government E-Business ...