Jurnal Dakwah dan Komunikasi
Vol 4, No 2 (2019)

Membangun Efektifitas Dakwah Dengan Memahami Psikologi Mad’u

Muhadi, Ujang (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2019

Abstract

Bangsa Indonesia saat ini tengah terpuruk dalam krisis multi dimensional, krisis kepercayaan (amanah), krisis moral, ekonomi, sosial politik dan budaya. Bangsa ini pun sedang mengalami krisis nilai-nilai insani, keringnya nilai-nilai spiritual, terjadinya perubahan sosial dan sosial keagamaan, termasuk perubahan tradisional kepada modern. Oleh karena itu, gerakan dakwah sudah menjadi keharusan yang sangat dibutuhkan dan tidak boleh ditunda-tunda untuk menghadapi tantangan dan krisis multi dimensional itu. Aktivitas dakwah akan senantiasa bersentuhan langsung dengan masyarakat dan berhadapan dengan berbagai realitas persoalan kehidupan manusia, maka dakwah harus dilakukan secara terencana, memiliki konsep yang jelas, terukur, terorganisir dan bahkan dapat dievaluasi. Dakwah harus tampil secara aktual, faktual dan kontekstual. Dakwah hendaklah disampaikan dengan cara yang baik, bijak, penuh hikmah, penuh perhatian, keseriusan, niat yang ikhlas, dengan tetap memperhatikan psikologi mad?u agar pesan moral dan nilai-nilai luhur ajaran agama yang disampaikan dalam dakwah dapat diterima dan dicerna.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jdk

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Jurnal Dakwah dan Komunikasi, is a scientific journal focusing on the study of the dakwah and communications. The journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, online and printed twice a year, in May and November. ...