IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika
Vol 4 No 1 (2020): IKRAITH-INFORMATIKA Vol 4 No 1 Bulan Maret 2020

RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK DETEKSI PENGENALAN TANAMAN OBAT BERBASIS ANDROID

Efendi, Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Di zaman sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat. Teknologi membantu manusia dalammempelajari hal yang baru seperti teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi ini memungkinkanpengguna menampilakan informasi berupa suara dan gambar kedalam dunia nyata melalui kamera.Teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk menampilkan informasi yang lengkapmengenai tanaman. Dari banyaknya jenis tanamantidak semua masyarakat mengetahui informasi yangjelas mengenai tanaman tersebut. Oleh karena itu, dirancang sebuah perangkat lunak yang edukatif, aplikasi berbasis sistem operasi Android yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagaimedia untuk menyalurkan informasi tanaman. Penelitianakan membahas bagaimana aplikasimenampilkan informasi tanaman berupa suara dan gambar pada kamera. Aplikasi ini menggunakanUnity untuk memproses semua keperluan Augmented Reality dan menu antar muka. Setelah itudilakukan implementasi dan pengujian kemampuan aplikasi. Hasil implementasi menunjukkanaplikasi telah dibuat sesuai dengan perancangan yang direncanakan. Pada pengujian aplikasi dilakukanpengujian tiap fitur aplikasi dengan hasil pengujian dengan status berhasil.

Copyrights © 2020