IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4 No 2 (2020): IKRAITH-HUMANIORA VOL 4 NO 2 Bulan Juli 2020

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN EMPATI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 242 LENTENG AGUNG JAKARTA SELATAN

Tawaa, Sitti Iriana Adeleyde (Unknown)
Maria J. Silaen, Sondang (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional danempati dengan perilaku bullying pada siswa SMPN 242 Lenteng Agung Jakarta Selatan.Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan 3 (tiga) variabel yaitu variabelbebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan empati sedangkan variabel terikatdalam penelitian ini adalah perilaku bullying. Populasi penelitian ini berjumlah 144 siswa SMPNnegeri 242 Lenteng Agung Jakarta Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknikrandom sampling. Sampel di dapatkan sebanyak 103 responden yang terdiri dari kelas 7 dan 8.Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS versi 22.0 for windows dengan teknikbivariate correlation, menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan arah negatifantara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying dengan koefisien korelasi r = 0,713dengan p = 0,000 ; p > 0,05, serta tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan arah negaitfantara empati dengan perilaku bullying dengan koefisien korelasi (r = 0,068 dengan p = 0,000 ; p> 0,05. Sehingga hipotesa menyatakan tidak ada hubungan kecerdasan emosional dan empatidengan perilaku bullying pada siswa SMPN 242 Lenteng Agung Jakarta Selatan.

Copyrights © 2020