Penelitian ini tentang ekranisasi karya sastra traveling sebagai media promosiwisata Indonesia. penelitian ini untuk mengetahui tiga karya sastra traveling yangdipilih sebagai objek penelitian. Novel tersebut telah melakukan ekranisasi ataualihwahana novel menjadi film yang mampu menjadi media promosi wisata.Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dalampenelitian ini menggunakan alat bantu kuisioner dan wawancara, selain melihatsecara langsung keadaan di lokasi penelitian yang sesuai dengan novel danekranisasi film. Teknik pengumpulan data dengan kajian literatur hinggamenentukan 3 novel yang melalui ekranisasi (alih wahana novel menjadi film),serta melakukan survei pada lokasi-lokasi yang diceritakan dalam novel danpengubahan film. Hasil penelitian diperoleh bahwa novel laskar pelangi, 5 cm,dan dilan 1990 dikaji dengan teori promosi berkaitan dengan menginformasikan,mempengaruhi, dan membujuk. ketiga novel tersebut mampu menerapkan 3 poinpromosi, sehingga objek wisata yang diceritakan dalam novel dapatmendatangkan wisatawan. Laskar pelangi di Belitung berhasil mendatangkanwisatawan bukan hanya di objek laskar pelangi (pulau batu berlayar), namunmembawa wisatawan ke objek lokasi lainnya. Proses ekranisasi novel 5 cmmenjadi film layar lebar berhasil membuat para penonton terpengaruh danterbujuk untuk melihat secara langsung lokasi yang terdapat pada film tersebut.Ekranisasi dari novel Dilan 1990 mendatangkan wisatawan ke jalan Asia Afrika diBandung, lokasi yang dijadikan pusat wisata bagi pengunjung ke Bandung. Hal inimenjadi alat bantu promosi wisata, karena dapat meningkatkan jumlah wisatawanpada lokasi tersebut. Belitung yang tidak pernah diketahui masyarakat, kinimenjadi objek wisata bagi masyarakat.
Copyrights © 2019