IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 3 No 3 (2019): IKRAITH-HUMANIORA VOL 3 NO 3 Bulan November 2019

HUBUNGAN ANTARA TRAIT CONSCIENTIOUSNESS DAN KONSEP DIRI DENGAN STRES AKADEMIK SISWA IPA SMA X TAMBUN

Rahmadini, Azyra (Unknown)
Indrawati, Erdina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara trait conscientiousness dankonsep diri dengan stres akademik menggunakan metode kuantitatif. Subyek padapenelitian ini merupakan siswa IPA SMA X Tambun dengan jumlah 140 sampelmenggunakan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling.Analisis data menggunakan korelasi bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubunganyang negatif antara trait conscientiousness dengan stres akademik dengan r = - 0,507 danp = 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan yang negatif antara konsep diri dengan stresakademik r = - 0,376 dan p = 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis korelasi multivariatmenunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara trait conscientiousnessdan konsep diri dengan stres akademik dengan R = 0,529 dan p = 0,000 < 0,05 dandiketahui koefisien determinasi R Square sebesar 0,280. Hal ini berarti sumbangan efektiftrait conscientiousness dan konsep diri pada stres akademik sebesar 28%, sedangkan 72%merupakan sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2019