Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara trait conscientiousness dankonsep diri dengan stres akademik menggunakan metode kuantitatif. Subyek padapenelitian ini merupakan siswa IPA SMA X Tambun dengan jumlah 140 sampelmenggunakan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling.Analisis data menggunakan korelasi bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubunganyang negatif antara trait conscientiousness dengan stres akademik dengan r = - 0,507 danp = 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan yang negatif antara konsep diri dengan stresakademik r = - 0,376 dan p = 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis korelasi multivariatmenunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara trait conscientiousnessdan konsep diri dengan stres akademik dengan R = 0,529 dan p = 0,000 < 0,05 dandiketahui koefisien determinasi R Square sebesar 0,280. Hal ini berarti sumbangan efektiftrait conscientiousness dan konsep diri pada stres akademik sebesar 28%, sedangkan 72%merupakan sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti.
Copyrights © 2019