AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penalaran moral antarasiswa yang bersekolah di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Umum dan MadrasahTsanawiyah. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan penalaran moral antarasiswa yang bersekolah di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Umum dan MadrasahTsanawiyah.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II dan III dari Sekolah Lanjutan TingkatPertama Negeri X Yogyakarta dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Y Yogyakarta.Jumlah subjek penelitian sebanyak 53 siswa yang terdiri 28 siswa SLTP N X dan 25 siswaMadrasah Tsanawiyah Negeri Y serta memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata (gradeII). Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data yangdigunakan meliputi: Skala Kohlberg dan Standard Progressive Matrices (SPM).Dari hasil uji statistic dengan menggunakan Scheffe test diperoleh t : 0,2248 dengan p :0,015 (p < 0,05). Dengan hasil uji statistic di atas, maka dapat diambil kesimpulan : Adaperbedaan penalaran moral yang signifikan antara siswa yang bersekolah di Sekolah LanjutanTingkat Pertama Negeri X dengan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Y. Rerata tingkatpenalaran moral siswa SLTP N X (2,420) lebih rendah daripada rerata tingkat penalaranmoral siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Y (2,660).Kata Kunci : Penalaran moral
Copyrights © 2004