JuSiTik : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi
Vol 2 No 2 (2019): JuSiTiK (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komunikasi)

Pengukuran Kualitas Layanan Informasi Pada Media Social Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan Metode E-S-Qual

Pratama, Paskalis Arindra (Unknown)
Wijaya, Andri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaranmengenai kualitas layanan informasi pada media sosial terhadapkepuasan pengguna dengan metode E-S-Qual yang mengacukepada empat variabel yaitu Efficiency (Efisiensi), SystemAvailability (Ketersediaan Sistem), Fulfillment (Pemenuhan) danvariabel Privacy (Pribadi). Responden yang dilibatkan dalampenelitian adalah Siswa/siswi SMA Xaverius 3 Palembang,dengan jumlah responden 100 siswa/siswi. Teknik pengambilansampel menggunakan simple random sampling. Kuesioner dalampenelitian ini diuji dengan menggunakan uji validitas dan ujireliabilitas, kemudian dilakukan pengujian asumsi klasik yaitu ujinormalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi dan ujiheteroskedastisitas. Dalam menganalisis seberapa besar pengaruhvariabel dependen terhadap variabel independen dalampenelitian ini menggunalakn uji regresi linier berganda. Ujihipotesis dilakukan dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi(R2). Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Efficiency (X1),System Availability (X2), Fulfillment (X3) dan variabel Privacy(X4) berpengaruh signifikan/positif terhadap variabel UserSatisfaction (Y) secara simultan (bersama-sama) maupun secaraparsial (terpisah).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JUTSI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Other

Description

Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi ini berisikan artikel dari hasil penelitian dengan mengambil topik seputar sistem dan teknologi informasi Komunikasi dan akan diterbitkan satu kali dalam satu tahun dan berbentuk elektronik (ONLINE) dan CETAK (PRINT). Jurnal ini dibawah asuhan program ...