JURNAL VISIONIDA
Vol. 5 No. 1 (2019): June

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN PAKET PADA PT JNE AGEN 012 CITEUREUP KABUPATEN BOGOR

Lucky Hikmat Maulana (Universitas Djuanda)
Eka Rahayu (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini untuk dapat mengetahui pengaruh mengenai bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen perusahaan jasa pengiriman paket pada PT JNE Agen 012 Citeureup Kabupaten Bogor baik secara simultan maupun parsial. Kuesioner didistribusikan kepada 100 konsumen yang dijadikan sampel. Hasil uji pada validitas serta reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh butir pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil rekapitulasi tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran yaitu produk (X1) sangat baik, harga (X2) sangat baik, lokasi (X3) sangat baik, promosi (X4) sangat baik, orang (X5) sangat baik, proses (X6) baik, layanan pelanggan (X7) sangat baik. Hasil analisis koefisian korelasi memberikan  pengaruh yang sangat kuat antara bauran pemasaran dan keputusan konsumen, dari hasil koefisien determinasi dapat dijelaskan sebesar 86,2% oleh bauran pemasaran dan 13,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti physical evidence. Adapun analisis regresi berganda dari uji F (simultan) dan uji t (parsial) menyatakan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan konsumen perusahaan jasa pengiriman paket pada PT JNE Agen 012 Citeureup Kabupaten Bogor.Kata kunci : bauran pemasaran, keputusan konsumen, tanggapan konsumen

Copyrights © 2019