JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat)
VOL. 3 NOMOR 1 MARET 2019 JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat)

Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kimia Melalui Pembinaan Penerapan Lesson Study As Learning Community

Maria Erna (Pendidikan Kimia FKIP)
Erviyenni Erviyenni (Universitas Riau)
Rasmiwetti Rasmiwetti (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2019

Abstract

Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru kimia di Kabupatan Rokan Hulu Propinsi Riau telah dilakukan melalui pembinaan penerapan Lesson Study as Learning Community (LSLC).  Metode pembinaan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi dan pelatihan LSLC. Peningkatankompetensi pedagogik guru dilakukan secara kolaboratif dan berkesinambungan melalui tahap-tahap Lesson Study, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see). Guru kimia yang dibina pada kegiatan ini berjumlah 24 orang. Hasil pembinaan guru memperlihatkan intrumen pembelajaran yang dikembangkan oleh guru termasuk kedalam kategori valid dengan nilai 3,555 (88,878%). Sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran yang teramati termasuk kedalam kategori amat baik (A). Hasil analisis sikap guru setelah dilakukan pembinaan memperlihatkan dari 24 peserta terdapat 18 peserta  (75%) yang mempunyai sikap Sangat Tinggi, 4 peserta (16,7%) kategori Tinggi dan 2 peserta  (8,3%) kategori Sedang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) diterbitkan oleh Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, ...