International Journal of Elementary Education
Vol 3, No 3 (2019)

Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah

Kurnia Putri, Dinda (Unknown)
Sulianto, Joko (Unknown)
Azizah, Mira (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dan mendeskripsikan klasifikasi kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melalui tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dariĀ  pembelajaran matematika termasuk dalam kategori baik dengan presentase 78%, sedangkan data klasifikasi penalaran matematika didapatkan presentase sebesar 70% pada aspek memahami pengertian dalam kategori tinggi, aspek berpikir logis termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 53,3%, aspek memahami contoh negatif termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan presentase 76,7%, aspek berpikir sistematis dan menentukan strategiĀ  termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 73,3%, berpikir konsisten termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 66,7%, aspek membuat alasan termasuk dalam kategori rendah dengan presentase 33,3%, aspek berpikir deduksi termasuk dalam kategori rendah dengan presentase 36,7%, aspek menentukan metode termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan presentase 80%, sedangkan pada aspek menarik kesimpulan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 60%. Secara keseluruhan didapatkan hasil presentase sebesar 62,3% teramasuk dalam kategori tinggi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...