Kepuasan adalah tingkat keadaan yang dirasakan seseorang yang merupakan hasil dari membandingkanpenampilan atau outcome produk yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan seseorang. Dalam rumah sakit,kepuasan pasien sangat penting untuk keberlangsungan rumah sakit. Dan yang mempengaruhi kepuasan tersebut yaitupelayanan di rumah sakit, baik dari fasilitas hingga pelayanan tenaga medis yang ada. Tujuan penelitian ini untukmengetahui hubungan kenyamanan dan kompetensi tenaga medis dengan kepuasan pasien BPJS Ruang Rawat PenyakitDalam Rumah Sakit dr. Abdul Moeloek Provinsi Lampung.Jenis penelitian ini adalah penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalahseluruh pasien BPJS di ruang rawat penyakit dalam Rumah Sakit dr. Abdul Moeloek pada tahun 2014 sebanyak 3.706pasien. Penarikan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 361 orang. Analisa data yangdilakukan adalah univariat dan bivariat dengan uji Chi-square.Hasil Penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara kenyamanan=0,000 (p < 0,05) dan kompetensi tenagamedis=0,000 (p < 0,05) dengan kepuasan pasien BPJS ruang rawat penyakit dalam RSUD dr. Abdul Moeloek ProvinsiLampung 2015.Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara kenyamanan dengan kepuasan pasien BPJS dankompetensi tenaga medis dengan kepuasan pasien BPJS Ruang Rawat Penyakit Dalam Rumah Sakit dr. Abdul MoeloekProvinsi Lampung 2015.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016