SMPN 3 Jember telah menerapkan kurikulum 2013 terintegrasi dengan literasi dan PPK melalui penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan 3 indikator pada aspek kompetensi PISA 2015 yaitu 1)kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah; 2)mengevaluasi dan merancang penelitian ilmiah; 3)menginterpretasi data dan bukti ilmiah. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan kemampuan literasi IPA.melalui inovasi model pembelajaran Jeng Kelin Gallaw pada siswa kelas VIII-A di SMP 3 Jember. Desain PTK Kemmis and McTaggrart dan dilakukan sebanyak 2 siklus. Indikator pencapaian keberhasilan yang digunakan adalah ada peningkatan kemampuan literasi IPA siswa pada aspek kompetensi menggunakan instrumen soal tes tulis dengan 3 indikator aspek kompetensi. Hasil ini menunjukkan bahwa inovasi model pembelajaran Jeng Kelin Gallaw dapat meningkatkan kemampuan literasi IPA siswa kelas VIII-A.
Copyrights © 2019