NISBAH: JURNAL PERBANKAN SYARIAH
Vol. 1 No. 1 (2015): NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH TERHADAP INTERNET BANKING

Mislah Hayati Nasution (Universitas Djuanda)
Sutisna Sutisna (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

ABSTRAKLayanan internet banking yang merupakan pelayanan jasa bank sehingga nasabah memperoleh informasi, melakukan transaksi perbankan 24 jam sehari tanpa dibatasi ruang dan waktu asal terhubung dengan jaringan internet. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif, dengan menggunakan test statistik. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diambil langsung dari tempat penelitian dengan menyebarkan kuisioner dan wawancara yang merupakan sumber utama dalam penelitian ini. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan layanan internet banking adalah faktor kemudahan, keamanan, kenyamanan, efisien dan praktis. Dan faktor yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan internet banking adalah faktor kenyamanan. Sedangkan untuk Chi Kuadrat menunjukkan terdapat pengaruh positif antara persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap minat nasabah dalam menggunakan internet banking di PT. Bank BNI Syariah Cabang Bogor. Persepsi kemudahan ditandai dengan (84,37>11,341). Dan persepsi kemanfaatan bernilai (123,28>11,341), memperlihatkan bahwa nilai Chi Kuadrat hitung lebih besar dari nilai Chi-Kuadrat tabel.Kata Kunci : Minat Nasabah, Interner Banking

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah is a journal published by the Sharia Banking Study Program. NISBAH is published to support the development of Islamic Banking which will contain articles on Islamic Banking both empirical, theoretical and practical studies. The editor accepts the manuscript with ...