Gadai emas merupakan salah satu pembiayaan lembaga keuangan syariah seperti Perbankan Syariah, pada tahun 2011-2012 peningkatan gadai emas cukup pesat karena dapat memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Bank Syariah dalam menghadapi pengembangan produk gadai emas. Manfaat penelitian ini yaitu untuk memberikan referensi tambahan mengenai strategi yang dilakukan oleh Bank Syariah dalam menghadapi pengembangan produk gadai emas, pengembangan yang dimaksud dilihat dari sisi bagaimana strategi pengembangan produk gadai emas dan dilihat juga dari sisi permasalahan yang terjadi pada produk gadai emas serta bagaimana solusi yang dilakukan BRIS dalam mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode kualitatif dengan menggunakan data primer yang berupa dokumen dan slide terkait pembiayaan gadai emas, sedangkan untuk data sekunder yang berupa informasi dari internet, buku, jurnal, skripsi, artikel dan literatur lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan dalam menghadapi pengembangan produk gadai emas sudah sesuai dengan teori dan metode pengembangan inovasi produk Perbankan Syariah dan dalam menghadapi permasalahan pengembangan produk gadai emas yang terjadi, BRISyariah melakukan pelatihan secara berkalam membuat program-program sesuai dengan kebutuhan masyarakat, meningkatkan promosi gadai emas, produk gadai emas sebagai produk nice to have BRI Syariah dan memperkuat mitigasi risiko untuk mengelola risiko yang dapat terjadi.
Copyrights © 2019