Kepuasan mahasiswa dalam hal pelayananadministrasi akademik oleh pegawai Pascasarjana adalah sangatdipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Berdasarkan kontekstersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian yang terdiri dari(1) Proses penyusunan Sajian Matakuliah/ Jadwal Kuliah yangbaik dan tepat waktu, (2) Proses pendaftaran Matakuliah/ KRS onlineyang mudah diakses, lancar dan memuaskan, (3) Prosespenyiapan Daftar Hadir Kuliah/ DHK sesuai yang diprogram/dipilih mahasiswa, (4) Proses penataan dan penggunaan ruangkuliah yang baik, tertib dan jelas; di Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengamatan berperan serta (participant-observation) yaitupeneliti mengumpulkan data dengan cara menjadi bagian atauterasosiasikan dengan subjek penelitian. Pengecekan keabsahantemuan dilakukan dengan teknik triangulasi dan pemeriksaansejawat melalui diskusi. Berdasarkan penelitian ditemukan 1).Penyusunan Sajian MK/ Jadwal Kuliah 2) PendaftaranMatakuliah/ KRS on-line 3). Penyiapan Daftar Hadir Kuliah/DHK dan 4) Penataan/ penggunaan ruang kuliah/ ruang ujiansemuanya memerlukan effektifitas dan efisiensi serta ketepatanwaktu, kelancaran akses on-line . Pemeliharaan sarana danprasarana kampus yang teratur dan kontinyu dilakukan dalamjangka waktu yang lama, serta perlu penambahan ruang kuliahyang cantik bukan berarti mewah tapi nyaman.Kata kunci : kepuasan, pelayanan, administrasi akademik.
Copyrights © 2014