Community Development Journal
Vol 3 No 1 (2019): July

PENDAMPINGAN DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK DENGAN MENGGUNAKAN SDIDTK PADA GURU PAUD DAN TK DI KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN

Khasanah, Uswatun (Unknown)
Badriyah, Badriyah (Unknown)
Rahardjo, Sutio (Unknown)
Nurlaili, Anis (Unknown)
Hendriyani, Feftin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2019

Abstract

Pembinaan tumbuh kembang anak secara komprehenship dan berkualitas dilakukan pada masa kritis melalui kegiatan ?stimulasi, deteksi dan intervensi dini? penyimpangan tumbuh kembang balita. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang menyeluruh dan terkoordinasi, diselenggarakan dalam bentuk kemitraan antara keluarga ( orang tua, pengasuh anak dan anggota keluarga lainnya), masyarakat (kader,tokoh masyarakat, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat) dan tenaga profesional (kesehatan, pendidikan dan sosial). Peran serta guru PAUD sebagai salah satu sasaran tidak langsung pada pelaksanaan SDIDTK diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak usia dini dan kesiapan memasuki jenjang pendidikan formal. Di Kecamatan Socah terdapat 292 anak usia pra sekolah, dengan jumlah PAUD dan TK sebanyak 35 sekolah dan sebagian besar guru PAUD dan TK yang ada belum pernah mendapatkan pengetahuan ataupun pelatihan tentang SDIDTK. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini, dari 30 guru PAUD/TK yang mengikuti kegitan, untuk pengukuran pertumbuhan dan semua guru PAUD/TK sudah dapat melakukan dengan benar. Sedangkan untuk pengukuran perkembangan, pada saat dilakukan evaluasi kegiatan yang pertama masih ada yang belum bisa melakukan dengan benar penilaian perkembangan dengan menggunakan KPSP namun pada saat evaluasi kedua dan ketiga semua guru PAUD/TK sudah dapat melakukan dengan benar.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

CDJ

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Comunity Development Journal adalah kumpulan jurnal pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademika Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. ...